Rabu, 01 April 2015

5-10 Persen Bayi Susah Menyusu Karena Ada 'Tali' di Lidahnya

5-10 Persen Bayi Susah Menyusu Karena Ada 'Tali' di Lidahnya


Jakarta, Cukup banyak tantangan yang dihadapi utk menyukseskan ASI (Air Susu Ibu) Esklusif selama 6 bulan. Selain kurangnya informasi di kalangan para ibu, terkadang kondisi fisik si bayi juga menghalangi, misalnya memiliki `tali lidah`.

Tali lidah atau dalam istilah medis disebut tongue tie merupakan jaringan tipis yang menghubungkan dasar lidah dengan ujung bagian bawah. Bayi dengan kelainan bawaan berupa tali lidah yg pendek akn merasa sakit dan kesulitan ketika menghisap puting ibunya.

”Penelitian menunjukkan 5-10 bayi mempunyai tongue tie. Mungkin angka sesungguhnya lebih banyak lagi,” kata Dr. Jack Newman, FRCPC, pakar laktasi internasional dari Kanada, ketika ditemui di Hotel Santika, Jl AIPDA KS Tubun, Slipi, Jakarta Barat, seperti ditulis pada Rabu (28/8/2013).

Menurut Dr Newman, kondisi ini kerap menyulitkan bayi utk menyusu dgn baik. Bukan satu-satunya faktor yg menghambat pemberian ASI Eksklusif memang, tapi bisa semakin menghambat bila ada kondisi lain misalnya si ibu kurang mendapat informasi.

Padahal seperti disampaikan oleh Dr Newman, cara mengatasi tongue tie cukup sederhana. Dengan pemotongan tali lidah yang prosedurnya tdk lebih dari 2 detik, bayi dpt menyusu dgn lebih nyaman. Prosedur ini umumnya dapat dilakukan oleh dokter anak. http://modernlivingroom.org/design/living-room-art/

Sementara itu, kurangnya informasi yg lengkap di kalangan para ibu masih menjadi hambatan utama dalam mengkampanyekan ASI Eksklusif khususnya di Indonesia. Oleh karenanya, dibutuhkan peran para konselor maupun konsultan laktasi sebagai penyampai informasi.

”Konsultan laktasi, yang bergelar IBCLC (International Board Certified Lactation Consultant) baru ada 53 orang di Indonesia. Diharapkan tiap tahun jumlahnya bertambah,” kata Prof Dr Rulina Suradi, SpA(K), IBCLC, Koordinator IBCLC utk Indonesia sekaligus penasihat Asosiasi Konsultan Laktasi Internasional Indonesia (AKLII).

Dalam rangka meningkatkan kecakapan para konsultan maupun konselor laktasi, AKLII mengadakan seminar di Hotel Santika Jakarta pada 28-29 Agustus 2013. Dr Newman, pakar laktasi internasional dari Kanada, menjadi salah seorang pembicara dlm acara tersebut.

Agar Apel Kupas Tak Berwarna Kecokelatan, Siasati dengan Trik Ini! Living Room Art

Tidak ada komentar:

Posting Komentar